Cari Blog Ini

Selasa, 07 Agustus 2012

Manfaat Besar di Balik Tersenyum

sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kansas yang meneliti mengenai manfaat tersenyum bagi kesehatan. Salah seorang peneliti, Tata Kraft mengatakan, “Kami ingin meneliti apakah peribahasa tersebut memang memiliki keuntungan; apakah senyum dapat memberi nilai positif terhadap kesehatan,” ujarnya seperti yang dikutip dari Zeenews.

Peneliti lainnya, Dr. Sarah Pressman, membagi senyum menjadi dua kategori, yaitu senyum standar dan senyum asli atau Duchenne. Menurut Pressman, senyum standar adalah senyum dengan menggunakan otot-otot di sekitar mulut. Sedangkan senyum asli merupakan senyum dengan menggerakkan otot-otot di sekitar mulut dan mata.

Manipulasi
Kraft dan Pressman bekerja dengan memanipulasi bentuk-bentuk senyuman untuk melihat dampaknya terhadap tingkat stres seseorang. Dalam penelitian, mereka merekrut sebanyak 169 partisipan dari Universitas Midwestern dan membagi mereka ke dalam tiga grup. Setiap grup dilatih untuk membuat ekspresi wajah yang berbeda-beda.

Mereka diminta untuk menahan sumpit menggunakan mulut mereka sedemikian rupa, kemudian otot-otot wajah digunakan untuk membuat ekspresi wajah netral, senyum standar, dan senyum Duchenne.

Setelahnya partisipan diminta untuk mengerjakan berbagai aktivitas yang memang didesain agar mereka stres tanpa sepengetahuan mereka. Dalam kurun waktu mengerjakan tugas berat tersebut, partisipan menahan sumpit di mulutnya seperti apa yang telah diajarkan. Lalu para peneliti mengukur detak jantung partisipan dan tingkat stres mereka.

Dibandingkan dengan partisipan yang membuat ekspresi wajah netral, mereka yang disuruh membuat senyuman, terutama senyum Duchenne, memiliki detak jantung yang lebih lambat setelah beristirahat pasca melakukan kegiatan berat. Singkatnya, penelitian ini menunjukkan bahwa senyum ketika sedang stres dapat membantu mengurangi tingkat stres tubuh.

sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar